cara mengembalikan barang di shopee yang sudah diterima

Cara Mengembalikan Barang di Shopee yang Sudah Diterima

cara mengembalikan barang di toko yang sudah diterima

Cara mengembalikan barang ke Shopee yang baru-baru ini diterima oleh banyak penggunanya. Karena ketika barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan, atau bahkan barang rusak.

Perlu kami ketahui bahwa kami dapat mengajukan pengembalian barang atau dana kembali jika pesanan masih dalam masa garansi Shopee dan pengguna belum mengklik tombol terima.

Menurut halaman resmi Shopee, fitur jaminan memungkinkan Shopee untuk sementara menahan pembayaran ke penjual.

Inilah mengapa pengguna Shopee masih bisa mengajukan pengembalian selama masa garansi masih berlangsung dan pengguna belum mengklik pilihan barang yang akan diterima.

Pengembalian hanya dapat dilakukan jika pembeli memenuhi persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh Shopee.

Lihat juga: Pesanan diverifikasi oleh Shopee, apa artinya?

Lalu apa saja persyaratannya dan juga bagaimana cara mengembalikan barang di aplikasi Shopee yang sudah diterima? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Ketentuan pengembalian barang di Shopee

Agar pengajuan pengembalian ke Shopee dapat diproses tanpa kendala, berikut beberapa syarat yang harus dipahami oleh semua pembeli yang ingin mengembalikan produknya:

Jika pemesanan barang dilakukan di Shopee Mall

  • Dana akan ditahan di aplikasi Shopee ketika pelanggan meminta pengembalian barang dengan alasan menerima barang dalam kondisi berbeda.
  • Pembeli dapat mengembalikan produk dalam waktu 5 hari setelah konfirmasi aplikasi.
  • Pihak aplikasi Shopee akan terlebih dahulu memeriksa barang dalam waktu 3-5 hari kerja setelah barang dikembalikan ke gudang Shopee.
  • Pembeli wajib memberikan bukti berupa video atau foto untuk memperkuat alasan kami mengembalikan barang tersebut.

Jika pemesanan barang dilakukan di semua toko kecuali Shopee Mall

  • Dana akan dipegang oleh Shopee apabila pembeli mengklaim barang dengan kondisi yang berbeda, seperti barang yang dikirim pecah atau rusak sehingga barang tidak sesuai dengan foto atau deskripsi yang dipajang.
  • Pembeli juga harus memberikan bukti foto atau video yang secara jelas menunjukkan alasan pengembalian barang.
  • Masalah ini akan segera diatasi jika penjual tidak setuju atau menolak untuk meminta bantuan dari Shopee.
  • Shopee akan mengumpulkan bukti-bukti yang diperlukan dari pembeli berupa foto atau video yang menunjukkan kesalahan atau kerusakan produk, serta foto kemasan produk dengan tanda terima yang dilampirkan pada paket.
Baca juga:  DC Kapuk Shopee Express Gudang B, Apa Maksudnya?

Lihat juga: Cara menghapus riwayat pesanan di Shopee

Cara mengembalikan barang ke Shopee yang sudah diterima

Setelah kami mengetahui persyaratan pengembalian tertentu, kami dapat menggunakan cara berikut untuk mengembalikan barang yang telah diterima ke Shopee:

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee.
  2. Buka Halaman Saya dan pilih menu Kirim.
  3. Kemudian klik pilihan Order Details, lalu pilih menu Send Returns untuk barang yang Anda terima.
  4. Pilih satu alasan saja untuk mengajukan pengembalian barang, tergantung kondisi barang yang diterima, apakah produk rusak, cacat, tidak original, bahkan tidak sesuai dengan pesanan.
  5. Isi beberapa detail yang diperlukan seperti video atau foto, serta deskripsi barang yang dikembalikan.
  6. Pilih solusi yang sesuai dengan mengklik “Pilih Solusi” dan kemudian “Kirim”.
  7. Permintaan pengembalian akan segera disampaikan melalui notifikasi aplikasi Shopee maupun melalui email. Jika proses disetujui, pengguna akan diminta untuk mengembalikan produk sesuai prosedur yang telah ditentukan di aplikasi Shopee.

Sebagai tindakan pencegahan, harap sediakan dokumen pendukung seperti nomor resi dan foto kemasan barang yang dikembalikan, bersama dengan informasi pengiriman lengkap.

Hal ini untuk memastikan bahwa penjual setuju untuk mengajukan pengembalian barang yang telah diterima oleh pembeli tetapi tidak pernah menerima barang yang dikembalikan tersebut.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *